Sunday, February 15, 2015

ROTI SOBEK DAN DONAT KENTANG ( 1 RESEP 2 KREASI)

musim 'dingin' sedang melanda...
berbarengan juga dengan musim durian
kemaren beli durian dari bangka manisss bingit, enak banget dah...
sayangnya cuma mama yang doyan duren.
akhirnya karena masih ada sisa di eksekusi aja duriannya jadi fla.

tadinya pengen buat isian soes karena ada tepung soes bogasari hadiah kursus waktu itu.
eh ternyata dah expired..

:-(

akhirnya putar haluan bikin roti sobek, tetapi kakak request donat...

hm.. ayo kita bikin semua nya

bagian 1
200 gr kentang kukus haluskan sampai halus benar
200 gr terigu serbaguna (ex: segi3 biru)
300 gr terigu protein tinggi (ex: cakra kembar)
100 gr gula pasir
1 sdm ragi (1 sachet kurleb 11 gr)

4 kuning telur
100 sd 120 ml susu uht ( bisa juga 2 sdm susu bubuk dan air )


bagian 2
75 gr butter
1/2 sdt garam

olesan:
kuning telur

aduk semua bahan kering hingga tercampur, masukkan kuning telur satu persatu,
dan susu sedikit demi sedikit, kemarin saya 100 ml agak kurang aku tambah lagi 20 ml

setelah setengah kalis (tercampur semua)
masukkan butter dan garam

aduk sampai kalis

aku menggunakan mixer spiral sd semua adonan tercampur selanjutnya aku lanjut ulen pakai tangan
oh ya apa bila adonan terlalu lembek, tambahkan terigu sedikit sedit
dengan cara di taburi di telapak tangan.

setelah kalis bulat kan adonan, istirahatkan kurleb 50 sd 60 menit atau adonan 2 kali mengembang
kempeskan..

timbang adonaan masing2 50 gr (kalau donat mau agak kecil bisa 40 gr)

roti sobek..
bulatkan .. pipihkan , isi selai, atau coklat , sesuai selera
karena judulnya memanfaatkan fla durian maka aku isinya ya fla durian... ( ada dibawah resepnya)
bulankan kembali
atur di loyang bulat.. kemaren saya pake loyang diameter 22 cm isinya 11 buah
istirahatkan sd 2 kali mengembang, 40 sd 50 menit

olesi kuning telur diatasnya

oven kurleb 30 menit (ovennya panaskan dahulu ya...)
resep aslinya suhu 180 c selama 20 menit
karena aku pakai nya oven tangring dengan suhu kira2 kemaren mangganngnya kurleb 30 menit




donat
setelah ditimbang di cetak pakai cetakan donat...
tp kl aku cukup dibulatkan dan dipipihkan
setelah mengembang 2 kali kurleb 40 menit
goreng di minyak panas.. kecilkan api nya

pas goreng itu donatnya baru aku bolongin pake tusuk sate...
setelah kecoklatan angkat.

tiriskan.. dengan cara masukkan donat ke tusuk sate, gunakan mangkok atau panci kecil..

minyak yang aku pakai minyak kelapa barco...
warna donat tidak cepat coklat kl pake minyak ini...

siap dech...
bisa ditaburi gula halus, atau aneka topping lainnya.

pasta durian..
I.200 ml susu
150 gr daging durian
4 sdm gula (boleh kurang atau tambah)  kemaren durennya manis banget

campuran tepung aku lupa persisinya tp sepertinya sbb:

II.3 sdm maizena
1/2 sdm custard (optional)
3 sdm terigu
100 ml air
campur jadi saru


masak I sampai mendidih dan gula larut masukkan kan II. kecilkan api aduk rata sampai tercampur dan meletup letup

larutan tepungnya masukkan sedikit2 ya sampai kekentalan yang diinginkan
kl udah kental di stop aja


No comments: