Sunday, December 28, 2014

KEMBANG TAHU (SOYA PUDDING WITH GINGER SAUCE)

Kadang keinginan makan makanan di masa lalu timbul begitu saja,
tidak hanya rasa yang terbayang, tetapi juga kenangan kenangan lain.
seperti suatu saat ketika aku pengen banget makan kembang tahu, dimana dulu pas jaman2 sekolah...
abang kembang tahu yang lewat sekitar jam 1 sd jam 3, denting bunyi sendok dan mangkoknya... memanggil2 keluar rumah.

dengan 50 rupiah waktu sd (tahun 85 an) .. maka mendapat semangkuk kembang tahu seperti di bawah: (gambar diambil dari googling)


aku lupa berapa terakhir harganya, waktu sma kelas 3 sekitar tahun 95, di dekat tempat lesku , di samping pulau mas plasa.. itu jam 4 an suka lewat abang2 kembang tahu... dan untuk rasa nya abang2 ini mantaff banget... manisnya pas,
dan kalau denger bunyi mangkoknya nya... maaf ya pak guru les ku yang baik hati... aku izin keluar sebentar untuk menikmati semangkuk kembang tahu ini.

Lupa kapan persis nya terakhir menikmati kembang tahu ini...
tetapi pastinya sejak tahun 2001 aku tidak pernah lagi menikmati es kembang tahu ini, karena hijrah ke jakarta demi mengejar impian hiksss....

naah... ketika keinginan untuk menikmati semangkuk kembang tahu dingin, di cikarang ini, tidak ada cara lain selain membuatnya, fyi di beberapa tempat di jakarta masih beredar abang2 kembang tahu hangat ini, tapi aku belum pernah ketemu.

duluuu banget pas masih kuliah pernah coba pake soya dan agar2 ... tp teksturnya kurang pas menurut aku,masih berasa 'kres kres' agar2 nya.

kemaren aku baru beli gelatine halal... maksudnya pengan bikin pannacota, sudah membayangkat textur lembut si pannacota tersebut, entah kenapa terbit ide... kayaknya bisa nich di aplikasikan ke soya...
and.. it work...

so, lets try... fren..

bahan:
3 sdt gelatin
6 sdm air dingin (natural)
500 ml soya aka susu kedele (aku pake sule organik) merk melilea
2 sdm gula

kuah :
rebus gula merah, air dan jahe keprek...
dinginkan di kulkas

mohon maaf untuk kuah ini saya tidak timbang2,
seperti bikin wedang gula jahe aja ya...




campur kan gelatin dengan air , diamkan selama 5 sd 10 menit


panaskan soya dengan gula sampai gula larut, matikan api.
 masukkan larutan gelatin kedalam soya, aduk hingga rata

taroh di tempat... 
dinginkan paling sedikit 4 jam, saya sih semalemn...

tradaaaa.... semangkuk kembang tahu siap di nikmati
mak nyus....
kata my hubby
rasa dan texturnya dah mirip banget sm kembang tahu abang2
oh ya... kebang tahu ini saya ini tidak bisa disajikan hangat ya...
karena si gelatine ini langsung lumer kalo kena panas....




No comments: